Fakultas Ushuluddin mengadakan Sosialisasi Aplikasi Skripsi

Blog Single

Kamis, 19 Januari 2023 bertempat di ruang kuliah Q Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus pukul 09.00 WIB mengadakan sosialisasi aplikasi skripsi dengan mendatangkan Ketua TIPD Siswanto, M.Kom. Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Dekan Fak. Ushuluddin Dr.H.Ahmad Atabik, LC, M.SI. Dalam sambuatannya para dosen diharapkan bisa mengikuti dengan baik sosialisasi ini sebagai sarana untuk lebih memudahkan proses bimbingan mahasiswa supaya lebih cepat menyelesaikan tugas akhirnya. Di samping itu, melalui aplikasi yang telah didesain oleh tim dari TIPD IAIN Kudus ini, diharapkan menjadi media yang mempermudah baik bagi dosen maupun mahasiswa dalam proses bimbingan tugas akhir mahasiswa.

Siswanto, M.Kom menjelaskan urgensi dari aplikasi ini untuk memonitoring progres skripsi dari mahasiswa, sehingga bisa dipantau secara real time untuk mengetahui berapa jumlah mahasiswa yang sudah mengerjakan skripsi? Berapa yang sudah BAB 1, BAB 2 dan seterusnya.

Di antara problem yang terjadi di lapangan adalah masih banyak mahasiswa yang tidak ambil mata kuliah skripsi fatalnya saat yang bersangkutan sudah munaqosah (ujian skripsi) nilai skripsi tidak bisa dimasukan dan diintegrasikan di PDDIKTI. Begitu juga masih ada beberapa mahasiswa yang tidak singkron antara data di fakultas dan data yang tersimpan di TIPD. Ini-lah di antara masalah yang akan kita kontrol supaya tidak terjadi masalah seperti itu.

Melalui aplikasi e skripsi ini dosen bisa melihat progress dari mahasiswa bimbingannya, begitu juga pimpinan juga bisa memonitor ada berapa masing-masing angkatan mahasiswa yang belum lulus, berapa yang sudah proposal berapa yang sudah selesai skripsi dan seterusnya. Aplikasi ini juga bisa untuk memetakan antara bidang keilmuan dosen dengan bidang keilmuan skripsi yang diajukan mahasiswa sehingga pimpinan mampu melakukan singkronisasi antara dosen pembimbing dan bidang keilmuan skripsi mahasiswa.

Nushan Abid, M.Pd Kaprodi AFI mengusulkan agar sistem e skripsi ini bisa melacak berapa jumlah dosen yang membimbing di luar prodi sehingga supaya tidak over bimbingan dan ada pemerataan dosen pembimbing.  Merespon usulan tersebut Slamet, M.Kom menyampaikan sistem dibuat untuk mengikuti kebutuhan kinerja dari dosen termasuk usulan tersebut, secara sistem ini bisa dilakukan dan sangat memungkinkan. Mahasiswa juga bisa mendapatkan surat ijin penelitian di lapangan bisa auto melalui sistem ini.

Jenis penelitian yang dibuat TIPD untuk pengajuan proposal mahasiswa hanya membuat tiga klaster : kualitatif, kuantitatif dan R n D. para dosen Ushuluddin memberikan usulan tambahan seperti research library, mix method dan systematical review. Jika ada jenis penelitian yang belum masuk bisa dikosongkan.  

Farid alzasal,S.Ag, SS Kabag TU Fakultas Ushuluddin meminta supaya TIPD membuat flow chart sistem e skripsi ini sehingga masing-masing pimpinan, dosen, operator dan mahasiswa bisa memahami cara kinerja aplikasi ini. TIPD akan membuatkan alur kinerja dari aplikasi ini untuk mempermudah dosen dan mahasiswa.

Kegiatan sosialisasi penggunaan aplikasi skripsi mendapatkan respon positif dari para dosen dan diharapkan disediakan manual user oleh TIPD untuk mempermudah dosen dan mahasiswa menggunakan aplikasi ini. Dr. Abdul Karim, SS, MA berharap sosialisasi ini adalah langkah awal untuk mempercepat kelulusan mahasiswa. Amin

 

Share this Post1: